Desrinah Harahap Jadi Ketua PP IPEMI, Dukung Program Kesehatan Perempuan

BBH PPNI Sampaikan Eksepsi Terhadap Kasus Hukum Perawat Jumraini
16 Oktober 2019
Hari Menopause Sedunia : IPEMI Ajak Masyarakat Dukung Kesehatan Perempuan
18 Oktober 2019
Show all

Desrinah Harahap Jadi Ketua PP IPEMI, Dukung Program Kesehatan Perempuan

Wartaperawat.com – Peran perawat maternitas dalam menjaga kesehatan wanita menjadi hal penting dalam kesuksesan program kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Selain perawat maternitas mempunyai peran dalam menjaga kesehatan wanita terutama pada ibu hamil, disamping itu perlunya pengelolaaan ikatan bagi perawat maternitas agar lebih eksis lagi dan peduli terhadap perkembangan masalah kesehatan.

Dalam upaya penguatan internalnya, maka Ikatan Perawat Maternitas Indonesia (IPEMI) telah mengadakan Kongres Nasional ke III dengan agenda utama yaitu pemilihan Ketua Dewan Pengurus Pusat IPEMI untuk periode tahun 2019-2014.

Sebagai bentuk dukungan terhadap IPEMI, yang merupakan badan kelengkapan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesi (PPNI), untuk itulah Wawan Hernawan selaku Korwil Jawa DPP PPNI turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Pasundan, Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/10/2019).

Pada kesempatan ini pula, Wawan Arif Sawana dari DPP PPNI menyampaikan materi berkaitan kedudukan Ikatan atau Himpunan Dalam PPNI.

Hadir juga Prof. Setyowati, Prof. Yati Afiyanti yang merupakan pakar Keperawatan Maternitas dan Imami Nur Rachmawati dari Kolegium Keperawatan Maternitas.

Kongres yang dihadiri 150 perawat spesialis maternitas dari 15 Provinsi di Indonesia telah memberikan kepercayaan kepada Desrinah Harahap sebagai Ketua Pengurus Pusat IPEMI periode tahun 2019-2024.

Pada hari itu pula, Wawan Hernawan melakukan langsung prosesi pelantikan terhadap Ketua terpilih yang baru.

Melalui penjelasannya usai kegiatan ke berbagai media, Desrinah menyatakan bahwa kepemimpinannya akan berfokus pada peningkatan peran IPEMI di kesehatan perempuan, dan juga penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Stunting yang menjadi salah satu fokus pembangunan kesehatan di Indonesia.

Perawat spesialis Maternitas lulusan Program Magister Keperawatan dan Spesialis Keperawatan Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia ini berencana mengembangkan program-program di area pelayanan kesehatan Ibu dan bayi.

Diterangkannya, bahwa ia bersama pengurus dan anggota IPEMI akan melakukan penelitian-penelitian kesehatan perempuan, inovasi produk kesehatan, dan program-program pemberdayaan perempuan khususnya meningkatkan women’s empowerment and awareness bagi kesehatan mereka, dan perempuan di sekitarnya.

Desrinah Harahap sebagai praktisi perawat spesialis maternitas, sekaligus founder dari Rumah Perawatan Metta Mom Care sejak 2012, bermaksud juga akan mengembangkan program-program berbasis pada evidence based dari hasil penelitian terkini, pendekatan teknologi, dan community empowerment. Melalui pendekatan tersebut, diharapkan IPEMI semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya kesehatan perempuan di Indonesia. (IM)

 

Sumber : Ketua PP IPEMI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: