Workshop KSB PPNI Sumsel : Tingkatkan Kinerja OP & Tuntaskan Masalah Perawat

PPNI Sumsel Perjelas & Sosialisasi Standar Asuhan Keperawatan
11 Februari 2019
Kemenkes RI Terima Seleksi 1.495 Orang Jadi CPNS
13 Februari 2019
Show all

Workshop KSB PPNI Sumsel : Tingkatkan Kinerja OP & Tuntaskan Masalah Perawat

Wartaperawat.com – Menjelang HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Ke- 45 pada 17 Maret 2019 yang akan datang. Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan pengurus, anggota, pemerintah maupun masyarakat.

DPW PPNI Sumsel baru saja menggelar kegiatan workshop Ketua, Sekretaris, Bendahara (KSB) DPD PPNI Se Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019 di Grand Inna Daira Hotel, Palembang, Minggu (10/2/2019).

Kegiatan workshop kali ini mengangkat tema “Peningkatan Kinerja Organisasi PPNI”, dengan melibatkan peserta dari Pengurus DPW PPNI Sumsel dan 53 orang dari perwakilan 17 DPD PPNI Kabupaten/Kota yang berasal dari Rumah Sakit, Puskesmas, dan Perguruan Tinggi Kesehatan.

Acara workshop KSB dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhilah, S.Kp, SH, M.Kep, MH.

Hadir dalam kesempatan ini Sekjen DPP PPNI Dr. Mustikasari, S.Kp, MARS, Bendahara Umum DPP PPNI Apri Sunadi, S.Kp, M.Kep, Sp.KMB dan Ketua DPP PPNI Bidang Infokom Rohman Azzam, M.Kep, Sp.KMB, S.Pd.

Nampak hadir H. Subhan, SKM, M.Si, M.Kes Ketua DPW PPNI Sumsel, M. Yamin, SKM, M.Kes Sekretaris DPW PPNI Sumsel, Ketua Panitia Pelaksana Khaerul Syahri Penjalang, SH, M.Si dan  Pengurus DPW PPNI Sumsel lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Minggu (10/2/2019), Ketum DPP PPNI Harif Fadhillah sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada anggota PPNI dan pengurus DPD, DPW PPNI Sumsel atas  terlaksananya pertemuan workshop KSB kali ini.

Harif Fadhillah menyampaikan bahwa sebagai perawat di tengah masyarakat pada era Milenial ini hendaklah bersikap dengan cara SIAPEK (S= Silahturahmi, I= Informasi, A= Aspirasi, P= Pembinaan, E= Edukasi, K= Koordinasi), jika sikap ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka akan meningkatkan kompetensi profesi perawat dan profesionalisme keperawatan, sehingga peran PPNI di tengah masyarakat akan disegani oleh profesi lainnya.

Dijelaskannya pula, dalam meningkatkan peran perawat di tengah masyarakat dapat dilakukan secara bersama-sama dalam upaya meningkatkan image dan citra di masyarakat. Selain itu, harus bersatu padu menegakkan kepercayaan masyarakat dengan cara membangun kekuatan, kekompakan, keharmonisan di bidang keperawatan, sehingga PPNI berdampak di tengah masyarakat menjadi Multi Action dan Multi Level.

Setelah acara pembukaan, Ketum DPP PPNI berkesempatan memberikan pengarahan dan pemaparan kepada peserta workshop berkaitan dengan pemasalahan dan perkembangan PPNI.

Kegiatan selanjutnya, diadakannya pemaparan yang berkaitan dengan mekanisme keanggotaan Virtual Account (VA) yang disampaikan oleh Bendahara Umum DPP PPNI Apri Sunadi bersama pihak Bank BNI.

Berdasarkan dari pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk semua DPK (komisariat) yang belum mempunyai rekening BNI, diharuskan mengumpulkan data untuk dibuatkan dan diurus oleh BNI Pusat, sementara biaya administrasi, tertuang dalam PKS Bank BNI dan PPNI.

Untuk materi terakhir, mengenai PKB Online disampaikan oleh Ketua DPP PPNI Bidang Infokom Rohman Azzam. Pada kesimpulan materi, bahwa semua anggota PPNI dapat menggunakan PKB Online dengan ketentuan membayar iuran PPNI pertahunnya, dikarenakan bila DPD PPNI belum membayar iuran PPNI pertahun, maka PKB Online tidak dapat dibuka.

Pada rangkaian penutupan kegiatan workshop, Ketua DPW PPNI Sumatera Selatan H. Subhan dalam sambutannya, ia mengatakan sangat antusias dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan workshop ini yang berjalan lancar dan sukses, serta menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi, dukungan, kekompakan dari seluruh peserta.

Dengan suasana keakraban dan kegembiraaan, kegiatan worshop KSB ini secara resmi telah ditutup oleh Ketum DPP PPNI Harif Fadhilah.

Melalui pesan tertulisnya, Senin (11/2/2019), Subhan selaku Ketua DPW PPNI Sumsel menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketum, Sekjen, Bendum dan Ketua Infokom DPP PPNI yang telah hadir dan menjadi narasumber dalam acara workhop KSB tersebut.

Subhan mengucapkan syukur Alhamdulilah atas pembahasan tuntas segala permasalahan yang berkaitan dengan SIMK, VA dan rekening Bank BNI.

Subhan juga berharap segala permasalahan teknis dan non teknis yang berhubungan dengan sistem keanggotaan maupun iuran PPNI tidak lagi mengalami masalah yang berarti setelah diadakannya workshop KSB ini.

Selain itu, Subhan menginginkan pula kepada peserta, agar pembahasan mengenai issue dunia keperawatan dan informasi terkini PPNI serta ilmu yang didapat akan sampai pada seluruh DPK yang ada dibawah masing-masing DPD. (IM)

 

Sumber : Ketua DPW PPNI Sumsel & Humas Panpel.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: