Tim Psikolog Disediakan Pada Area Observasi Natuna

Masih Tetap Diobservasi, WNI Yang Dinyatakan Negatif nCoV
5 Februari 2020
Ada WNI Positif nCoV Di Singapura, Larangan Kesana Tak Diberlakukan
7 Februari 2020
Show all

Tim Psikolog Disediakan Pada Area Observasi Natuna

Wartaperawat.com –  Berbagai dukungan dan fasilitas pemenuhan kebutuhan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang dalam proses observasi berjalan sesuai dengan keinginan bersama.

Selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung, Sugihantono mengatakan bahwa pemerintah berupaya memenuhi seluruh logistik yang dibutuhkan oleh WNI di Natuna.

“Seluruh tim pendukung berusaha memenuhi semua kebutuhan yang ada bagi WNI di Natuna,” ucap Anung dalam tele conference dengan media di Kementerian Kesehatan, Selasa (4/2/2020).

Tentunya logistik tersebut akan terus diperbarui sesuai kebutuhan yang diperlukan termasuk makanan pendukung seperti snack. Saat ini, tim sedang berupaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan pendukung lainnya seperti alat musik untuk memecah kejenuhan di area observasi.

Tak hanya dari segi jasmani, pemerintah juga berupaya memberikan dukungan layanan kesehatan jiwa. Pasalnya dengan masa observasi selama 14 hari dengan ruang gerak yang belum sepenuhnya leluasa, mereka dinilai rentan terhadap stress.

Sebagai upaya pencegahan, Kementerian Kesehatan telah menyiagakan tim psikolog disekitar area observasi, dan selalu siap untuk memberikan dukungan psikologis bagi para WNI di Natuna.

“Pagi hari ini telah hadir tim dukungan untuk layanan psikologi baik dari Kementerian Kesehatan dan atau UPT-UPT Kementerian Kesehatan serta organisasi profesi untuk memberikan dukungan layanan,” imbuhnya.

Dengan sampainya di Natuna, Dirjen Anung menegaskan bahwa tim tersebut telah siap memberikan pendampingan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Apabila diperlukan nanti kita tinggal menggeser ke area observasi,” ungkap Dirjen Anung. (IM)

 

Sumber : Berita dan foto dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: