Selain 2 WNI Positif, Hasil Tracing Kontak : Semua Negatif Virus Corona

Perawat Indonesia Yang Berminat Bekerja Di Arab Saudi Difasilitasi Kemenkes RI
4 Maret 2020
Penyebaran Virus Corona Semakin Cepat, Pentingnya Kewaspadaan
6 Maret 2020
Show all

Selain 2 WNI Positif, Hasil Tracing Kontak : Semua Negatif Virus Corona

Wartaperawat.com – Penelusuran dan pemeriksaan terhadap orang yang terduga virus corona (Covid-19) dilakukan pemerintah pada daerah tertentu di Indonesia.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang ditunjuk sebagai Juru Bicara Nasional Kasus Covid-19, dr. Achmad Yurianto membeberkan hasil tracing orang yang sempat kontak dengan pasien confirm positif Covid-19.

Ia membagi hasil tracing tersebut ke dalam beberapa Cluster, yakni di antaranya Cluster Bali, Cluster Amigos/Paloma.

Pada Cluster Bali dengan kasus turis dari jepang usia 60 tahun positif Covid-19 yang diketahui sempat berlibur di bali tanggal 15-19 sudah dilakukan tracing kontak. Semua hasilnya negatif.

“Kita curigai 11 close contact dan sudah kita lakukan pengambilan spesimen dan juga dilakukan pemantauan ketat. Alhamdulillah (hasilnya) 11 negatif,” kata dr. Achmad Yurianto pada konferensi pers di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Untuk Cluster Amigos/Paloma dengan kasus 2 orang positif Covid-19, yakni anak usia 31 tahun dan ibu usia 61 tahun. dr. Achmad mengatakan sudah menangani 6 orang termasuk dua orang positif Covid-19 tersebut.

“Berarti kita sudah menemukan empat orang dan sekarang keempat orang tersebut sedang diisolasi di RSPI dan masih dalam pemeriksaan. Pemeriksaan kami ulang lagi untuk 2 kali pemeriksaan lagi, karena kita ingin memastikan dengan benar apakah positif atau negatif,”  katanya.

Dr. Achmad juga mengatakan Kemenkes sudah mendapatkan 10 orang lainnya, mereka sudah menyanggupi untuk diperiksa di RSPI. Namun sementara ini mereka mengaku tidak mengeluhkan sakit apapun, hanya khawatir.

“Ini tetap kita lakukan tracing. Mudah-mudahan mereka semua negatif,” ujar dr. Achmad Yurianto

Kasus Corona di Batam dan di Banjarmasin pun menunjukkan hasil negatif Covid-19 dan sudah selesai.

Ini adalah Hotline Virus Corona : 021.5210411 / 081212123119. (IM)

 

Sumber : Berita, foto ini dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: