Sambut HUT PPNI Ke 46 Tahun 2020, PPNI Tingkat DKI Jakarta Prioritaskan Edukasi Virus Corona

Sudah 19 Orang Positif Covid-19, Masyarakat Diharap Tenang & Waspada
10 Maret 2020
Hingga Saat Ini Pasien Positif Covid-19 Sudah 34 Orang
11 Maret 2020
Show all

Sambut HUT PPNI Ke 46 Tahun 2020, PPNI Tingkat DKI Jakarta Prioritaskan Edukasi Virus Corona

Wartaperawat.com – Hari ulang tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke 46 tahun 2020, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI telah menetapkan dan mengangkat tema “Perawat Hebat – Rakyat  Sehat”.

Pada saat ini masing-masing di level kepengurusan PPNI juga sudah mempersiapkan rangkaian kegiatan HUT PPNI, yang dirayakan setiap tahunnya secara nasional pada tanggal 17 Maret.

DPD PPNI Jakarta Utara sebagai tuan rumah perayaan HUT PPNI pada tingkat DPW PPNI DKI Jakarta di tahun 2020 ini, telah berkomitmen mensukseskan dan menjalankan langkah-langkah untuk persiapan menjelang rangkaian kegiatan tersebut.

Dalam hal ini, Maryanto selaku Ketua DPD PPNI Jakarta Utara bersama pengurus DPD lainnya, sekaligus atas nama DPW PPNI DKI Jakarta telah melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Jakarta Utara, termasuk juga dengan perwakilan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara.

“Kita menerima panitia dari pengurus PPNI yang ingin melaksanakan suatu kegiatan dalam rangka merayakan HUT PPNI ke 46 tahun 2020. Rencana kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2020 di kantor Walikota Jakarta Utara, lokasinya di ruangan dan halaman Plaza Barat,” ungkap Ali Maulana Hakim, setelah berakhirnya kegiatan audiensi di Kantor Walikota Jakarta Utara, DKI Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara ini mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan ini, Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menyiapkan secara cepat untuk tempat, beberapa sarana dan prasarananya. Disamping itu, panitia dari PPNI juga akan melaksanakan suatu kegiatan dalam memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan Basic Life atau seperti tindakan untuk pertolongan pertama, bagi para PPSU (pekerja penanganan sarana dan prasarana umum).

“Nantinya ada edukasi yang akan diberikan dalam bentuk latihan dan itu adalah hal yang positif, merupakan cara pertolongan pertama yang diberikan kepada masyarakat langsung yang berada di lapangan, nanti pesertanya antara lain dari PPSU di Jakarta Utara,” terangnya.

Dikatakannya, ada pula beberapa kegiatan lainnya yang direncanakan dan intinya dari kegiatan tersebut yaitu Apel Akbar Para Perawat, hal ini juga bagus dilaksanakan untuk memperkuat dan merapatkan barisan.

“Saya hanya mengingatkan saja, pada saat ini kita sedang menghadapi penyebaran Virus Corona dan ada himbauan dari Gubernur DKI Jakarta sehubungan dengan berkumpulnya masyarakat. Menurut saya, karena yang berkumpul ini adalah para perawat, yang mengerti cara pencegahannya, sehingga perlu ada pertimbangan lagi, yang mungkin tidak ada masalah, tetapi tetap harus diikuti aturan dan SOP berkumpulnya di suasana saat ini,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Jakarta Utara mendukung kegiatan positif dalam rangkaian kegiatan ini, dengan nantinya akan adanya edukasi juga yang berkaitan dengan masalah Virus Corona dan perlunya diketahui masyarakat.

“Berkumpulnya para perawat disaat merayakan ulang tahun PPNI tentunya hal baik, disamping itu para perawat juga memiliki rasa tenggang atau peduli dengan situasi saat ini. Empatinya sangat bagus, karena dalam merayakan ulang tahunnya diisi dengan kegiatan-kegiatan sosialisasi yang berhubungan dengan tata cara pencegahan Virus Corona. Nantinya ada juga edukasi mengenai 6 langkah mencuci tangan yang benar pada kegiatan itu,” sebut Ali Maulana Hakim.

“Saya kira hal ini baik disampaikan di acara tersebut, hanya pertimbangannya itu saja, bahwa perlu mengurus beberapa aturan-aturan yang memang perlu dilakukan terkait dengan persyaratan perijinan,” imbuhnya.

Sementara itu keterangan dari Maryanto, bahwa rangkaian kegiatan HUT tahun ini intinya juga untuk tetap menjalin sinergitas PPNI Jakarta Utara dengan Pemerintah khususnya dengan Pemerintah Daerah Jakarta Utara, termasuk kegiatan yang dilaksanakan akan menanamkan rasa kepedulian dan kecintaan perawat terhadap OP PPNI, selain adanya bentuk rasa empati perawat terhadap permasalahan kesehatan di Indonesia.

“Rencananya di HUT PPNI nanti, akan ada kegiatan Apel Akbar Perawat, Deklarasi Brigade Bencana, Deklarasi Perawat Anti Narkoba yang diikuti oleh seluruh perawat se wilayah DKI Jakarta, Ada juga pemberian Penghargaan bagi perawat yang Purna Bhakti, Donor Darah, Bazar, BLS Massal dan Peformance Band asal Betawi,” ucap Maryanto.

“Disamping pemaparan berkaitan dengan HUT PPNI, pada saat audiensi juga saya sampaikan kepada Wakil Walikota dan jajarannya sehubungan dengan aspirasi anggota, masalah kesejahteraan, perlindungan hukum dan juga status perawat,” pungkasnya. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: