PPNI Kembali Kunjungi Relawan Perawat : Demi Prioritaskan Keselamatan Nakes

Pemerintah Telah Menetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab
19 Desember 2020
Ketua Umum DPP PPNI Sampaikan Ucapan Pada Hari Ibu Tahun 2020
22 Desember 2020
Show all

PPNI Kembali Kunjungi Relawan Perawat : Demi Prioritaskan Keselamatan Nakes

Wartaperawat.com – Peran Relawan Perawat selama ini sangat berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di manapun berada, terutama di Kawasan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Sebagai bentuk penyemangat dan kepeduliannya, Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah bersama Tim Penanganan Covid-19 DPP PPNI mengunjungi Relawan Perawat di Wisma Atlet pada Jum’at, 18 Desember 2020.

Turut hadir Asep Gunawan selaku Sekretaris Tim Penanganan Covid-19 DPP PPNI, Ketua DPW PPNI DKI Jakarta Jajang Rahmat Solihin, dan Toto Suharyanto dari Pengurus Pusat HIPGABI.

Pada kunjungan kali ini diterima langsung oleh Letkol Memet selaku Koordinator Perawat di Rumah Sakit Darurat Covid Wisma Atlet Kemayoran.

“Saya baru saja dari wisma atlet menemui relawan disana, semakin banyak relawan kita disana, karena semakin meningkatnya pasien Covid yang ada di wisma atlet,” ungkap Harif Fadhillah, disampaikannya saat menjadi Keynote Speaker pada Daily Zoominar DPP PPNI episode 180, melalui kanal Youtube Bapena PPNI, Jum’at (18/12/2020).

“Sekarang 1 tower sudah mencapai lebih dari 4.000 pasien. Saat ini membutuhkan tambahan sekitar 150 perawat lagi, dan tambahan yang sudah datang 60 perawat, tetapi kita punya data lebih dari 5.000 perawat yang sudah bersedia mengisi tempat disana, namun sekarang dalam proses seleksi,” lanjutnya.

Berdasarkan hasi pemantauannya, Relawan Perawat disana baik-baik saja, semangatnya luar biasa dan menurut laporannya cukup profesional mereka disana.

“Dari sisi kenyamanan mereka (Relawan Perawat) dijamin, kebutuhannya, akomodasi, konsumsi, dan sebagainya. Saya kira tidak hal-hal hambatan yang berarti, apalagi soal insentif sepertinya,” tuturnya.

Harif Fadhillah berharap dan mendo’akan agar mereka tetap sehat dan kuat dalam melayani sekian banyak orang yang nyata-nyatanya pasien covid, sehingga resiko Relawan Perawat cukup tinggi.

“Kita berharap mereka juga tetap waspada, untuk melaksanakan protokol kesehatan dan pemahaman PPI (pencegahan, pengendalian, infeksi) di tempat kerja, sehingga kita selamat dari paparan,” katanya.

“Karena diakui dunia, bahwa keselamatan tenaga kesehatan itu adalah prioritas bagi keselamatan pasien, dan hal ini yang harus dipegang. Tapi kita jangan lenggah dan jangan lupa atas keselamatan kita sendiri,” imbuh Harif Fadhillah. (IM)

 

Sumber : Sekretaris Tim Penanganan Covid-19 DPP PPNI

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: