PPNI DKI Jakarta & Dinkes Rencanakan Nursing Tourism

Kemenkes Himbau RS Tetap Terakreditasi Demi Pelayanan JKN
7 Mei 2019
Pentingnya RS Terakreditasi Sebagai Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan
9 Mei 2019
Show all

PPNI DKI Jakarta & Dinkes Rencanakan Nursing Tourism

Wartaperawat.com – Kesehatan bagi orang yang lanjut usia (lansia) menjadi tanggung jawab keluarga dan pihak tertentu yang memang mengkhususkan untuk merawat lansia.

Pada saat ini institusi terkait sudah melakukan upaya tertentu dalam memberikan layanan terhadap orang yang lanjut usia dengan semestinya.

Kehadiran organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan kompetensi perawat maupun meningkatkan perannya di masyarakat.

Disamping itu, keterlibatan pemerintah daerah dan PPNI perlu terus diupayakan agar penanganan lansia dapat berjalan efektif dan terarah serta memberikan peluang bagi perawat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Memperhatikan peluang yang ada untuk melakukan keperawatan bagi lansia di kota-kota besar di Indonesia cukup terbuka.

“Peran PPNI peluangnya cukup besar dalam praktek perawat yang mengelola keperawatan lansia karena harapan hidupnya relatif baik di Jakarta. Metodenya banyak, seperti bagaimana keperawatan lansia dapat diterapkan di rumah, panti atau penitipan lansia yang saat ini sudah dikembangkan, itu semua tentunya melibatkan kegiatan keperawatan. Lansia itu kan mempunyai tahapan yang orientasi agar tetap mandiri dengan usia lanjutnya dan kemandirian itu yang perlu melibatkan perawat,” ungkap Jajang Rahmat usai menjadi narasumber pada kegiatan seminar keperawatan di Auditorium RS Sumber Waras Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Ketua DPW PPNI DKI Jakarta ini mengungkapkan upaya PPNI untuk melakukan terobosan dengan berencana mengembangkan wacana Nursing Tourism untuk membantu lansia dan telah disampaikan kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Sudah kami advokasi dengan kepala Dinas, kami sedang mengembangkan konsep dalam program nursing tourism sebagai upaya untuk membantu pengembangan perawatan terhadap lansia dengan bekerjasama dengan Puskesmas dan Dinas Sosial,” terangnya.

Jajang Rahmat menjelaskan bahwa perawat di DKI Jakarta melalui PPNI mencoba menawarkan program wisata pada kelompok lansia sekaligus memberikan edukasi bagi para lansia.

“Direncanakan nanti perawat dapat menginformasikan mengenai cara perawatan lansia di rumah, menanggulangi sakit di rumah. Jadi nanti mengajak lansia untuk berwisata ke Pemda DKI Jakarta, Musium atau tempat wisata lainnya, sekalian kita sisipkan atau memberikan edukasi saat wisata berlangsung,” pungkas Jajang Rahmat.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: