PPNI Bersinergi Mengkampanyekan Gerakan 3 M : Upaya Pencegahan Covid-19

Zoominar DPP PPNI Sesi 119 : Pentingnya Perawat Berkontribusi Dalam Penelitian Keperawatan
25 September 2020
PPNI Terlibat Serukan Keselamatan Masa Depan Anak Dari Dampak Pandemi Covid-19
28 September 2020
Show all

PPNI Bersinergi Mengkampanyekan Gerakan 3 M : Upaya Pencegahan Covid-19

Wartaperawat.com – Sehubungan dengan penerapan protokol kesehatan disaat pandemi Covid-19, sering disampaikan dan dihimbau oleh Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah dalam berbagai kesempatan.

Bersamaan itu pula, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat sekaligus menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan Jawa Barat perihal Rakor Virtual Inventarisasi Upaya Pencegahan Covid-19.

Untuk itulah Wawan Hernawan selaku Ketua DPW PPNI Jawa Barat memohon kepada para Ketua DPD PPNI Kabupaten/Kota pada hari Kamis (24/9/2020), untuk serentak mengkampanyekan Gerakan bersama 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga Jarak) dengan memasang spanduk di depan kantor Sekretariat DPD masing-masing, dengan membagikan leafleat/sticker ke masyarakat, dan Edukasi serta bagi-bagi masker di tempat umum.

Tentunya permohonan tersebut, telah direalisasikan oleh para pengurus dan anggota perawat di seluruh DPD PPNI Jawa Barat.

Hal ini pula dilakukan DPD PPNI Kota Bogor yang diketuai Yoyo Haryono bersama pengurus lainnya dan perawat yang berasal dari DPK (Komisariat) PPNI di Kota Bogor.

Kegiatan Gebyar 3 M digelar di Bogor Trade Mall (BTM) pada Kamis (24/9/2020), yang dikoordinir Yusniar Ritonga selaku Dewan Pertimbangan DPD PPNI Kota Bogor.

Aktifitas perawat di masyarakat dengan membagikan masker juga merupakan kegiatan Tim Edukasi dan Pengawasan Covid-19 Kota Bogor, dimana salah satunya PPNI disamping Dinkes Kota Bogor, juga melibatkan Puskesmas, IDI, IBI, IAKMI, dan PDGI.

Sebelumnya, Tim Edukasi dan Pengawasan Covid-19 Kota Bogor ini dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil bertempat di Mall Botani Square Kota Bogor.

Adapun kegiatan perawat ini bersama Tim lainnya dilaksanakan selama 1 bulan (September 2020), sehubungan pula dengan penerapan Pembatasan Berskala Mikro dan Komunitas, yang sasarannya langsung ke masyarakat dan keluarga.

Dalam pelaksanaannya, setiap hari DPD PPNI Kota Bogor mengirimkan tim dari 2 DPK secara bergantian. Selain itu, saat ini PPNI Kota Bogor menyediakan dan membagikan sekitar 3.400 masker yang diperoleh dari sumbangan setiap anggota, yaitu sumbangan satu perawat satu masker.

Melalui pesan tertulisnya, Jumat (25/9/2020), Hj. Yusniar Ritonga mengatakan bahwa PPNI memberikan edukasi tentang cara melaksanakan 3 M, diharapkannya agar masyarakat paham, ingin dan patuh melaksanakan 3 M.

Yusniar Ritonga yang juga selaku Divisi Hubungan Antar Lembaga DPW PPNI Jawa Barat, menjelaskan kegiatan tersebut juga mengedukasi masyarakat langsung melalui cara cuci tangan dengan benar, agar terhindar wabah Covid-19.

“Kegiatan ini dilaksanakan supaya terhindar dari virus Covid-19, terutama di lingkungan keluarga yang merupakan kluster pertama di Kota Bogor,” imbuhnya. (IM)

 

Sumber : DPD PPNI Kota bogor

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: