PPNI Bergotong Royong Bantu Korban Banjir

PPNI Sul Sel Jalankan Kebijakan Mutu DPP PPNI : Mengedukasi Pelatihan BLS & Persiapan Cara Atasi Bencana
30 Desember 2019
DPP PPNI Apresiasi Pengurus PPNI Tanggap & Peduli Korban Banjir
4 Januari 2020
Show all

PPNI Bergotong Royong Bantu Korban Banjir

Wartaperawat.com – Curah hujan yang tinggi dengan waktu yang lama mengakibatkan wilayah tertentu di DKI Jakarta dan sekitarnya serta wilayah lainnya mengalami banjir.

Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi dan membantu korban terdampak banjir dengan melalui evakuasi ke tempat yang aman, pemberian bantuan, mendirikan posko kesehatan dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui sejauhmana perkembangan terakhir yang terjadi di tempat pengungsian bagi korban banjir, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto melakukan peninjauan langsung ke wilayah Jakarta Timur, DKI Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Selain itu, pada hari yang sama Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara berkesempatan juga meninjau dan mendatangi posko penampungan sementara bagi korban berdampak banjir.

Merespon bencana banjir di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, setelah berkoordinasi dengan para pengurus di Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI), melalui pesan tertulisnya, Ati Suryamediawati selaku Ketua DPP PPNI Bidang Pelayanan mengatakan, bahwa telah melaksanakan koordinasi juga ke semua Bidang Pelayanan DPW PPNI di seluruh Indonesia untuk bergotong royong membantu korban banjir dengan memberikan bantuan, diantaranya :

1. Membuka posko bantuan terhadap korban banjir
2. Memberikan bantuan bentuk material sesuai dengan kebutuhan korban banjir.
3. Melakukan koordinasi dengan Ketua Pusat Krisis Kementerian Kesehatan.

Menindaklanjuti himbaun dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI, maka DPW PPNI DKI Jakarta menugaskan para perawat untuk menjadi Relawan Tenaga Keperawatan Bencana Banjir.

Setelah mendirikan Posko Kesehatan di kawasan Kalimalang (Jakarta Timur), pelayanan kesehatan di Cakung (Jakarta Timur) dan di Gambir (Jakarta Pusat), para Relawan telah melakukan pertolongan bagi warga yang terdampak banjir.

Untuk wilayah Banten, penanganan dampak korban banjir telah dilakukan oleh DPD PPNI Kabupaten Lebak, setelah berkoordinasi dengan pengurus DPW PPNI Banten.

Bantuan pelayanan kesehatan, salah satunya di Kampung Somang, Desa Surabaya, Kecamatan Sajira, Kab Lebak, Banten.

Selain itu, Gerakan Sosial & Kemanusiaan Perawat (GESSPER) PPNI Kab Lebak memberikan bantuan kepada warga yang terdampak korban banjir di Sajira Timur, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira.

Sementara penanganan banjir di wilayah Jawa Barat, kegiatan yang telah dikoordinasikan dengan pengurus DPW PPNI Jawa Barat, telah dilaksanakan salah satunya penanganan posko kesehatan di Kabupaten Bogor.

Para Relawan PPNI dan tenaga kesehatan lainnya asal Kab Bogor melakukan pertolongan kepada korban banjir di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg.

Bantuan makanan dan minuman dan kebutuhan lainnya disampaikan juga kepada korban terdampak banjir melalui posko-posko yang ada. (IM)

 

Sumber : Bidang Pelayanan DPP PPNI

Foto : DPW PPNI DKI Jakarta, DPD PPNI Kab. Bogor, dan DPD PPNI Kab. Lebak

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: