PPNI Bengkulu Siapkan Tim Reaksi Cepat Atasi Korban Bencana

Upaya PPNI Jakarta Barat Tingkatkan Peran Perawat Tangani Lansia
30 April 2019
DPP PPNI & DPW PPNI Bengkulu Salurkan Bantuan Terdampak Bencana
2 Mei 2019
Show all

PPNI Bengkulu Siapkan Tim Reaksi Cepat Atasi Korban Bencana

Wartaperawat.com – Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (27/4/2019) di wilayah Provinsi Bengkulu merusak fasililitas penunjang termasuk juga sarana pelayanan kesehatan yang kurang maksimal.

Saat ini berbagai pihak pada saat ini terlibat langsung untuk dapat mengurangi beban bagi korban bencana yang terjadi secara mendadak.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan turut membantu program kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam penanggulangan bencana alam di bidang kesehatan, maka Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Bengkulu langsung berinisiasi memberikan pertolongan langsung melalui  tim reaksi cepat.

Bersarkan informasi yang didapat, Ketua DPW PPNI Provinsi Bengkulu Fauzan Adriansyah mengatakan bahwa diturunkannya tim reaksi cepat yang terdiri dari tenaga-tenaga yang handal di bidang kesehatan, menyiapkan obat-obatan, 1 unit mobil ambulance, dan sejumlah bahan pakaian semata-mata untuk membantu korban bencana alam.

“Kita sangat terkejut dengan kejadian musibah bencana banjir, longsor, jalan dan jembatan amblas yang hampir merata di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu. Untuk itu, sejalan dengan himbauan Pemerintah Daerah agar kita bersama-sama meringankan beban masyarakat. Ini beban bagi kita semua, agar dapat membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana,” ucap Fauzan.

Fauzan juga menghimbau, akibat bencana alam ini hampir merata terjadi dalam wilayah Provinsi Bengkulu, agar seluruh pengurus PPNI Kabupaten dan Kota untuk turun dan membantu korban bencana alam di wilayahnya masing-masing. Dengan bantuan yang diberikan supaya dapat meringankan beban masyarakat setempat.

“Silakan turunkan tim reaksi cepat ke lokasi bencana dan ikut membantu secara langsung terhadap kebutuhan yang diinginkan masyarakat, seperti selimut, bahan kebutuhan pokok (sembako) dan lain sebagainya. Bahkan jika perlu membuat posko kesehatan di lokasi bencana, harap Fauzan.

DPW PPNI Bengkulu menurunkan tim reaksi cepatnya ke beberapa titik lokasi banjir, seperti di Kelurahan Betungan, Sawah Lebar Baru, Rawa Makmur, Sukamerindu, Tanjung Agung, Semarang dan Bentiring Permai, dan Kota Bengkulu.

Untuk mengetahui dan memantau secara langsung kondisi terakhir dampak bencana di Bengkulu, Apri Sunadi selaku Bendahara Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI mengunjungi langsung dan berkoordinasi dengan Pengurus DPW PPNI Bengkulu sekaligus memberikan bantuan kepada para korban bencana. (IM)

 

Sumber : rri.co.id

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: