Puskesmas Badung Bali Telah Kembangkan Poliklinik Jiwa

Demi Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Daerah Terpencil Inginkan Lolos Akreditasi
28 Juni 2019
Pelantikan Pengurus INKAVIN DKI Jakarta & Seminar Keperawatan Kardiovaskuler
30 Juni 2019
Show all

Puskesmas Badung Bali Telah Kembangkan Poliklinik Jiwa

Wartaperawat.com – Berbagai upaya sudah dikembangkan oleh Puskesmas dalam memenuhi kepentingan yang dibutuhkan masyarakat.

Terbukti adanya Puskesmas Abiansemal 1 Badung, Bali yang telah memiliki Poliklinik Jiwa dan fasilitas tersebut merupakan satu-satunya di Badung.

Menurut salah seorang perawat di Puskesmas tersebut, Surya Jowa mengatakan pasien tidak hanya dari wilayah Badung saja tapi banyak juga dari luar Badung.

“Karena kita Puskesmas satu-satunya yang ada pol jiwa nya untuk di Badung, sehingga banyak pasien yang dari luar wilayah yang berobat ke sini,” ungkapnya Jumat (28/6) di Badung.

Pelayanan Poliklinik Jiwa itu buka setiap Selasa. Biasanya setiap pelayanan jumlah pasien bisa mencapai 40-50 pasien.

“Pasien mendaftar di loket pendaftaran, kemudian dicari list/medical recordnya, diperiksa oleh dokter, diberikan resep obat, dan diambil di apotek Puskesmas,” lanjutnya.

Kalau obat tersebut tidak ada, akan diresepkan ke apotek luar Puskesmas, bahkan jika bersedia, pasien akan dirujuk ke RSD Mangusada.

“Kalau pasien perlu dirujuk, misal karena gaduh, gelisah, akan diakomodir via pcare atau epusk ke RSD Mangusada ataupun RSJ Bangli,” katanya.

Pcare merupakan sistem aplikasi dari BPJS, sementara epusk adalah sistem aplikasi yang dikembangkan pemerintah kabupaten. Setiap kabupaten di Bali memiliki kedua aplikasi tersebut.

“Saat ini di Badung sudah bridging antara epusk dan pcare, sehingga kita cukup bekerja di epusk dan data tersebut sudah tersimpan juga di pcare,” katanya.

Adapun Dokter yang melayani di Poliklinik Jiwa terdiri dari 2 dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Biasanya ditemani coass. (IM)

 

Sumber : Berita dan foto dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: