fbpx

PKM Program SIPINTAR FIKes UPN Veteran Jakarta : Mendukung Pertumbuhan Optimal Anak

SIMK & PKB Online : Demi Kebijakan Keperawatan & Pengembangan Profesional
21 Juli 2022
Menkes Minta Dukungan Daerah Untuk Pelaksanaan Transformasi Sistem Kesehatan
22 Juli 2022
Show all

PKM Program SIPINTAR FIKes UPN Veteran Jakarta : Mendukung Pertumbuhan Optimal Anak

Wartaperawat.com – Dalam mendukung program Pemerintah berkaitan pencegahan stunting terhadap anak mendapatkan perhatian dari berbagai pihak termasuk kalangan Institusi Pendidikan.

Untuk itulah Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan Program Sarjana Universitas Pembanguna Nasional (UPN) Veteran Jakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Melalui kegiatan PKM dengan mengangkat Program SIPINTAR (Skrining dan Pendidikan Gizi Anak) untuk mendukung pertumbuhan yang optimal pada anak Balita, diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sa’adatuddarain Limo, Depok, Jawa Barat, Senin (18/7/2022).

PKM program SIPINTAR ini merupakan inisiasi dari pengusulnya yaitu Ns. Indah Permatasari, M.Kep., Sp.Kep.An, Ns. Ritanti, M.Kep., Sp.Kep.Kom, dan Ns. Tatiana Siregar, M.Kep., M.Kes.

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan dengan tujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun dan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi bila dilaksanakan oleh Universitas atau Institut.

“Program SIPINTAR (Skrining Dan Pendidikan Gizi Anak) merupakan program inovasi dalam memberikan solusi pengukuran pertumbuhan anak di Sekolah Dasar dan Pendidikan Kesehatan Gizi pada anak Sekolah Dasar,” ungkap Ns. Indah Permatasari, M.Kep.,Sp.Kep.An melalui pesan tertulisnya, Kamis (21/7/2022).

“Tentunya program ini diharapkan mampu menjadi media promosi kesehatan baik secara promotif maupun preventif dalam menanggulangi permasalahan seputar status gizi anak dalam mendukung pertumbuhan anak yang optimal,” lanjut Ketua Pelaksana PKM ini.

Diterangkannya, SIPINTAR merupakan program skrining pertumbuhan dan edukasi anak yang murah, mudah, dan terjangkau untuk diakses oleh pihak sekolah serta diharapkan mampu menjawab tantangan pencapaian status gizi anak yang optimal di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sementara program yang diperkenalkan dalam PKM ini dengan melalui kegiatan skrining pertumbuhan anak (BB, PB/TB), pemeriksaan status gizi anak, pendidikan kesehatan seputar gizin anak melalui media edukatif dan menarik, perekrutan kader cilik sebagai ujung tombak percontohan dengan pengawasan wali kelas yang nantinya akan meneruskan ilmunya pada angkatan di bawahnya.

“Tim Pengusul PKM akan melakukan evaluasi program di lapangan melalui reevaluasi kegiatan pada akhir kegiatan,” sebutnya.

Dikatakannya, pada kegiatan reevaluasi ini tim Pengusul juga melibatkan peran serta Guru Sekolah dan Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab mitra dalam keberlanjutan program mandiri di Sekolah.

“Kegiatan reevaluasi program dilakukan melalui dokumentasi kegiatan melalui kelengkapan sistem pencatatan dan pelaporan kegiatan,” ucapnya.

Ditambahkannya, berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan digunakan dalam menilai apakah terjadi alih pengetahuan dan metode dari tim Pengusul kepada mitra dalam mengatasi masalah yang telah disepakati di sekolah.

Adapun tujuannya yaitu berfokus pada skrining status gizi anak dan pendidikan gizi pada anak dengan menggunakan media permainan edukatif, dan pembiasaan konsumsi makanan pada anak Sekolah Dasar.

Dijelaskannya pula, berkaitan dengan langkah-langkah kegiatan program SIPINTAR tersebut meliputi : 1. Melakukan skrining pemantauan pertumbuhan anak dengan pengukuran (BB, PB/TB)., 2. Membuat wahana permainan edukatif dan menarik untuk mengenalkan pendidikan gizi pada anak meliputi (makanan sehat dan jajanan sehat, isi piringku, kebiasaan sarapan dan status gizi)., 3. Membentuk kader-kader cilik sebagai ujung tombak percontohan dengan pengawasan wali kelas yang nantinya akan meneruskan ilmunya pada angkatan di bawahnya.

Selain itu disampaikannya juga sehubungan pelaksanaan tersebut, Abdul Kosim, S.Pd selaku Kepala Sekolah MI Sa’adatuddarain mengucapkan terima kasih kepada pihak FIKes UPN Veteran Jakarta dan Tim PMK.

Menurutnya, program SIPINTAR sangat bermanfaat bagi sekolah dan orang tua, dikarenakan dengan terlaksananya kegiatan tersebut pihak sekolah dan orangtua mengetahui juga memahami pentingnya memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Lebih memperhatikan pola asupan gizi anak, sehingga dapat mencapai pertumbuhan anak yang optimal dalam upaya mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan cerdas,” pungkasnya.

Ns. Ritanti, M.Kep., Sp.Kep.Kom dan Ns. Tatiana Siregar, M.Kep., M.Kes terlibat juga memfasilitasi pengukuran BB, TB anak, dan membantu orang tua dalam menghitung IMT anak, termasuk konsultasi tumbuh kembang anak, sehinga orang tua dapat memahami status gizi dan tumbuh kembang anaknya.

Kesuksesan kegiatan PKM ini melibatkan pula Mahasiswa FIKes UPN Veteran Jakarta, diantaranya Dianah Syahirah, Faradilla Azzahra, dan Zahra Amanda Nurhaliza. (IM)

 

Sumber : Ketua Pengusul PKM

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: