Pensuskes DTPK Temuin Moeldoko, Agar Aspirasinya Diteruskan Ke Jokowi

Posko Pengaduan THR PPNI Jakarta Utara Berakhir, Hasilnya Nihil
13 Juni 2018
DPP PPNI Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal1439 H
15 Juni 2018
Show all

Pensuskes DTPK Temuin Moeldoko, Agar Aspirasinya Diteruskan Ke Jokowi

Wartaperawat.com – Semangat untuk memperjuangkan nasib bagi perawat maupun tenaga kesehatan lainnya yang pernah mendapatkan penugasan khusus (Pensus) kesehatan di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) Indonesia tak kunjung padam. Dengan mengirimkan perwakilannya ke Jakarta, pensuskes DTPK berharap banyak kepada pemerintah untuk diangkat menjadi PNS.

Berbagai upaya yang telah dilakukan perwakilan tenaga kesehatan tersebut dengan mengadakan berbagai pertemuan dengan pihak-pihak terkait dan melakukan aksi damai ke Kantor Kemenkes RI. Untuk yang terakhir ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima perwakilan tenaga kesehatan Pensus DTPK dikantornya Jakarta, pada Jum’at (8/6/2018).

Dalam pertemuan ini diharapkan pemaparan yang dilakukan La Ode Izran selaku Ketua Forum Pensuskes DTPK Indonesia kepada Moeldoko untuk disampaikan ke presiden dengan memohon agar Pensuskes yang saat ini tersebar di 17 provinsi dapat diangkat menjadi PNS melalui formasi khusus tanpa melhat batasan usia yang maksimal 35 tahun.

Sementara itu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko setelah mendapatkan informasi  masalah tersebut, nantinya akan berkomunikasi dengan Kementerian terkait. Disaat pertemuan hadir pula Tenaga Ahli dari Kedeputian II Kantor Staf Presiden Theresia Sembiring beserta Aditya Syarief yang membidangi isu-isu bidang kesehatan.

Moeldoko dikesempatan itu, mengapresiasi perjuangan para tenaga kesehatan DTPK yang memiliki semangat luar biasa.

Sementara itu, ditempat terpisah La Ode Zalino mengucapkan terimah kasih kepada Moeldoko yang telah menerima perwakilan perjuangan petugas khusus di pelosok desa, yang selama 2 tahun berjuang menuntut keadilan dan persamaan hak yang sama atas dasar SK Kemenkes yang sama dengan SK Bidan.

Sekjen Forum Pensuskes DTPK sekaligus Ketua Forum Perawat ini menyampaikan dan berharap apa yang disampaikan  dalam pertemuan tersebut agar segera meneruskan kepada Presiden Joko Widodo, terkait tuntutan Keppres pengangkatan PNS bagi tenaga khusus DTPK, yang sama halnya dengan tenaga bidan dan dokter, pada pengangkatan PNS di tahun 2018 ini.

Pada saat tercatat ada sekitar 1.070 orang tenaga kesehatan yang pernah ditugaskan di DTPK oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Permenkes  No. 09/2013, namun hingga kini nasibnya terabaikan, sedangkan tenaga dokter dan bidan terlebih dahulu telah diangkat menjadi PNS. (IM)

 

Sumber : Sekjen Forum Pensuskes DTPK

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: