fbpx

Pengmas Program PESANGON ‘Fikes Esa Unggul’ : Peduli & Utamakan Kesehatan Pekerja

Pengmas Program SISIP ‘Fikes Universitas Esa Unggul’ : Empati Permasalahan Lingkungan
26 Februari 2022
Bapena dan Balitbang Pusat Siap Konsolidasi & Sinkronisasi Program PPNI
28 Februari 2022
Show all

Pengmas Program PESANGON ‘Fikes Esa Unggul’ : Peduli & Utamakan Kesehatan Pekerja

Wartaperawat.com – Kepedulian terhadap pekerja yang menjalankan profesinya terutama di masa pandemi Covid-19 telah direalisasikan oleh Mahasiswa Program Studi Ners Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Jakarta.

Sehubungan hal tersebut, para Mahasiswa sudah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yaitu diantaranya dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengmas) bagi pekerja di beberapa rumah sakit maupun institusi pendidikan di wilayah DKI Jakarta dan Banten, selama bulan Januari hingga Februari 2022.

Tentunya KKN ini merupakan kegiatan intrakurikuler yang dimiliki Program Studi Ners Esa Unggul dengan memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berupa kegiatan pengabdian masyarakat untuk nembentuk rasa empati calon lulusan Perawat terhadap pemasalahan yang ada di lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan kali ini, kegiatan KKN Mandiri dilaksanakan oleh Mahasiswa, diinisiasi oleh Euis Hasanah, Firda Fadilah dan Nurhayati bersama tim, melalui bimbingan Ns. Abdurrasyid, M.Kep.,Sp.Kep.Kom.

Kegiatan ini mengangkat tema Perawatan diri, manajemen Stres, dan ergonomi tubuh (PESANGON) pada masyarakat pekerja Di Masa Pandemi Covid-19, dengan sasaran yang terdiri dari petugas kesehatan di RS Grha Kedoya Jakarta Barat, RS Pelni Jakarta Barat, dan Pendidik SD Islamic Village di Tangerang – Banten, berlangsung pada tanggal 17 Januari sampai 10 Februari 2022.

Pelaksanaan kegiatan PESANGON ini sebagai upaya solutif untuk para pekerja dalam mengatasi permasalahan stres dan juga permasalahan terkait aergonomi dalam bekerja bagi para pekerja di masa pandemi Covid-19.

Dengan berbagai rangkaian kegiatan dimulai dari screening kesehatan pekerja, penguatan tentang safety Covid-19, pelaksanaan manajemen stres berkelompok, dan self stretching, sebagai upaya peregangan otot di sela-sela aktivitas bekerja.

Para peserta yang terdiri dari petugas kesehatan dan pendidik sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan PESANGON, mereka menganggap kegiatan seperti ini sangat memberikan manfaat khususunya dalam mengatasi stres bekerja di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Menurut Dosen Pembimbing Ns. Abdurrasyid, M.Kep.,Sp.Kep.Kom, dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022), bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan calon lulusan keperawatan Universitas Esa Unggul dalam meningkatkan rasa empati terhadap permasalahan-permasalahan di lingkungan sekitar.

Diinginkannya, agar kedepannya jika nanti menjadi Perawat profesional dapat berbuat sesuatu yang lebih banyak dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sementara Nurhayati sebagai Ketua kelompok Mahasiswa menambahkan juga, berharap agar kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat terus dilanjutkan di instansi-instansi yang menjadi sasaran pelaksanaan.

Dirinya beranggapan, bahwa rekan-rekan pekerja khusunya para petugas kesehatan maupun pendidik tetap dapat memiliki kondisi kesehatan yang prima secara biologis dan psikologis terutama dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Sedangkan harapannya terhadap mitra, khususnya bagi pihak RS Grha Kedoya, RS Pelni, dan SD Islamic Village, melalui kegiatan yang telah dilaksanakan bersama Mahasiswa KKN, dapat dilanjutkan dan menjadi program unggulan sebagai upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan para pekerja.

Ditambahkannya, harapan terhadap pekerja, bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut, agar dapat diteruskan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan bagi para pekerja.

Bagi Perguruan Tinggi, diharapkan pula kegiatan-kegiatan yang memerlukan tindak lanjut, agar menjadi perhatian di tahun berikutnya, sementara lokasi KKN diharapkan menjadi rujukan untuk penelitian baik bagi Mahasiswa maupun Dosen dalam pengabdian kepada masyarakat. (IM)

 

Sumber : Mahasiswa Program Ners Fikes Esa Unggul Jakarta

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: