OJT, Cara Lain Tingkatkan Ilmu & Kemampuan Perawat Di Pelayanan Kesehatan

Pengurus PPNI Jakarta Pusat Telah Dilantik, Optimalkan Kontribusi Untuk Pemkot
28 April 2018
Nakes Kecewa, Tak Diangkat PNS, Akan Sambangi Kantor Kemenkes RI
29 April 2018
Show all

OJT, Cara Lain Tingkatkan Ilmu & Kemampuan Perawat Di Pelayanan Kesehatan

Wartaperawat.com –  Dalam upaya mengoptimalkan kemampuan dan memberdayakan perawat dalam memberikan layanan kesehatan perlu mendapat dukungan dari pihak terkait. Dengan melalui kegiatan On The Job Training (OJT) yang melibatkan unsur tenaga kesehatan dapat memberikan manfaat kedepannya. Kehadiran sebanyak 35 orang yang terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat UGD/Poliklinik, Bidan dan Petugas Pustu/poskesdes wilayah kerja Puskesmas Rangas telah berlangsung kegiatan OJT dengan baik di Aula Puskesmas Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (28/4/2018).

Pada acara OJT ini menghadirkan pemateri diantaranya : dr. H. Sita Harit Ibrahim, Sp.PD, dr.H. Daniel Uisal, Sp.B, dr. Muhammad Misba, Sp.M, dr. Sri Hazriati, Sp.A, dr. Arief,Sp.THT, dr.Hj. Realna Lala, Sp.OG dan dr. Bahtiar Fausan.

Dikesempatan ini, Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kab. Mamuju Ners. Syaharuddin, S.Kep dalam sambutannya mewakili Kepala Puskesmas Rangas (Nachsan, SKM) mengatakan bahwa OJT secara TIM oleh Dokter Spesialis baru pertama kali dilaksanakan di Puskesmas Rangas dan sangat mengapresiasi kegitan OJT ini dengan baik dan semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan demi peningkatan kualitas para petugas Kesehatan sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas secara profesional karena On The Job Training tersebut adalah suatu proses yang terorganisasi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kebiasaan kerja dan sikap staf, khususnya di Puskemas Rangas.

Lanjutnya, tujuan dilaksanakan On The Job Training adalah memperoleh pengalaman langsung, mengenal jenis pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, mengamati secara langsung apa yang menjadi tanggung jawabnya, melihat apa yang harus dikerjakan, mampu menunjukkan apa yang dikerjakan (salah dan benar) kemudian mampu menjelaskan tentang apa yang dikerjakan. Disamping itu, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan jelas, mengamati, melihat dan mengerjakan sendiri di bawah bimbingan supervisor dengan meningkatkan kecepatan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mengulang-ulang jenis pekerjaan yang sama disertai kepercayaan diri, meningkatkan diri mulai dari tingkat dasar, terampil dan akhirnya menjadi mahir.

Syaharuddin mengatakan bahwa DPD PPNI Mamuju siap untuk meningkatkan kapasitas Ilmu dan skill para perawat yang bertugas di UGD, Poliklinik dan PJ.Program lainnya di Puskesmas Rangas yang sudah direncanakan sebelumnya bahkan sampai ke Puskesmas se Kabupaten Mamuju demi kemajuan para perawat dalam memberikan palayanan Kesehatan/keperawatan.

Saat mengakhiri sambutannya, Dia berpesan kepada peserta OJT, setelah mengikuti kegiatan ini kiranya dapat menjalankan tugasnya dengan amanah yang diberikan dalam melayani masyarakat secara Profesional dan Puskemas Rangas siap untuk memberikan pelayanan 24 Jam.

Adapun ciri dari On The Job Training dilaksanakan di tempat kerja, dilaksanakan pada setiap staf puskesmas, pindah ke bagian lain (mutasi), yang berganti tugas dan tanggung jawabnya, staf yang menunjukkan prestasi kurang baik dalam pekerjaannya, dilaksanakan untuk memberikan kecakapan yang diperlukan dalam tugas sesuai dengan tuntutan kemampuan bagi pekerjaan tersebut, sebagai alat untuk kenaikan jabatan,pengetahuan/keterampilan berupa pengalaman (praktik langsung), dilaksanakan secara individual.

Untuk agenda yang dilaksanakan minggu depannya, yaitu mengajarkan Askep /resume Kegawatdaruratan, tindakan mandiri keperawatan dan skill keperawatan kegawatdaruratan yang dianggap penting. (IM).

 

Sumber : DPD PPNI Mamuju, Sulawesi Barat

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: