fbpx

Nursing Zoominar Ke 350 : PPNI Bersama BSSN Mengedukasi Urgensi Literasi Keamanan Siber

Dirjen Nakes Kemenkes Apresiasi Nakes Spesialis WNI LLN Mengabdi di Tanah Air
2 Agustus 2023
Aprisunadi, Rohman Azzam & I Wayan Suardana Raih Promosi Doktor Ilmu Keperawatan UNAIR
4 Agustus 2023
Show all

Nursing Zoominar Ke 350 : PPNI Bersama BSSN Mengedukasi Urgensi Literasi Keamanan Siber

Wartaperawat.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) memberikan kesempatan bagi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat melalui Nursing Zoominar.

Untuk itulah Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah bersama Tim Bapena PPNI menggelar Nursing Zoominar episode 350 mengangkat tema Urgensi Literasi Keamanan Siber.

Dengan melibatkan narasumber Arini Muhafidzah selaku Sandiman Ahli Muda dan Annisa Dewi Saldyan selaku Sandiman Ahli Pertama dari BSSN, dengan moderator Giur Hargiana selaku Anggota Departemen Infokom DPP PPNI.

“Kami atau PPNI sudah melakukan usaha untuk menjajaki MoU dengan BSSN dalam kontek kita terkait perlindungan data,” terang Harif Fadhillah dalam arahannya pada Nursing Zoominar episode 350, Rabu (2/8/2023).

“Tapi lebih dari itu sebenarnya bukan hanya perlindungan data, kegiatan hari ini pun sebenarnya bagian yang terpisahkan dari rencana MoU, yang mungkin dalam 2 atau 3 minggu ini kita tandatangani bersama dengan kepala BSSN,” sambungnya.

Menurutnya, terkait dengan informasi lainnya juga didapat dari narasumber BSSN saat zoominar ini terkait dengan perlindungan data pribadi dan juga terkait bagaimana kiprah PPNI di dalam memasuki era digital pada saat ini yang tentunya ada kemanfaatan terhadap perlindungan data tersebut.

“Oleh karena itu kita sebagai Perawat yang sangat dekat sekali dengan tatanan pelayanan kesehatan yang juga menggunakan teknologi dalam tatanan sosial berkomunikasi, berinteraksi dengan pihak lain,” katanya.

“Tentu harus kita perhatikan, terutama hak perlindungan data pribadi setiap orang termasuk kita,” lanjutnya.

Diungkapkannya, PPNI sendiri punya kepentingan untuk dapat berkomitmen selalu menjaga hak perlindungan data tersebut, dikarenakan PPNI mempunyai sistem yang di dalamnya itu adalah data-data pribadi bagi para anggota.

Ditambahkannya, konsen PPNI untuk dapat juga melindungi rekan Perawat sebagai anggota PPNI, sehingga PPNI melakukan kerja sama dengan BSSN untuk mendapatkan arahan, fasilitasi dan bantuan serta supportnya untuk sama-sama melaksanakan program negara tentu saja untuk melindungi data pribadi.

Tentu selanjutnya akan melanjutkan kerja sama pada kegiatan lainnya untuk dapat meningkatkan dan menunjang performa kedua lembaga yang sama akan melakukan kerja sama.

“Mudah-mudahan kami mendapatkan ilmu yang banyak, dapat memahami berbagai hal terutama terkait siber, perlindungan siber ini, hingga kita Perawat-Perawat kita juga mempunyai kesadaran yang lebih baik lagi terhadap perlindungan data,” pungkas Harif Fadhillah atas harapan kegiatan Nursing Zoominar kali ini. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: