Kemenkes RI Gelar Halal Bi Halal : Tingkatkan Silaturahmi & Menuju Indonesia Sehat

Keberadaan Posko Kesehatan Perlu Diteruskan, Upaya Keselamatan Pemudik
21 Juni 2018
Asosiasi Keperawatan Nasional Serukan Gaji Perawat Lebih Tinggi
23 Juni 2018
Show all

Kemenkes RI Gelar Halal Bi Halal : Tingkatkan Silaturahmi & Menuju Indonesia Sehat

Wartaperawat.com – Kegiatan halal bihalal telah menjadi tradisi yang biasa dilakukan masyarakat di Indonesia setelah selesai bulan Ramadan dan merayakan hari Lebaran. Momen silaturahmi dan saling memaafkan sesama umat manusia ini sudah berlangsung sejak lama dan menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahun.

Tradisi dan kesempatan pada tahun 2018 ini, telah dimanfaatkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dengan menggelar acara halal bihalal dengan seluruh staf Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Pusat. Sebanyak kurang lebih 4.500 Aparatul Sipil Negara (ASN) Kantor Pusat Kemenkes dan beberapa UPT Kemenkes di wilayah DKI Jakarta bersalaman secara bergiliran dengan Menkes.

Disaat momen tersebut, Menkes didampingi suaminya Faried Anfasa Moeloek, diikuti pejabat eselon satu bersalaman dengan seluruh staf Kemenkes pusat. Kegiatan ini diiringi dengan lantunan sholawat dan lagu-lagu Islami. Hadir pula pada acara ini mantan Menkes dan mantan pejabat Kemenkes. Acara dimulai pukul 08.00 WIB di Gedung Prof. Sujudi, Kemenkes RI, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Sebenarnya kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun oleh Kemenkes RI. Tentunya pada halal bihalal kali ini diharapkan semangat seluruh staf Kemenkes lebih meningkat dalam bekerja dan dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk meningkatkan silaturahmi agar tercipta koordinasi yang baik dengan seluruh satuan kerja di Kementerian Kesehatan.

Tidak hanya semangat kerja di Kantor Pusat, silaturahmi ini hendaknya dapat dimaknai lebih luas untuk jajaran kesehatan di seluruh Indonesia. Bagi dokter spesialis yang sedang dalam tugas Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) dan peserta Nusantara Sehat (NS) di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan Indonesia, momen ini menjadi kesempatan dalam meningkatkan upaya meratakan akses kesehatan masyarakat.

Bagi tenaga kesehatan di rumah sakit, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya diharapkan bisa menjadikan momen ini sebagai sarana instrospeksi diri. Selain itu juga dapat dijadikan kesempatan untuk melakukan perbaikan serta peningkatan manajemen pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Tentunya kegiatan halal bihalan biasa juga dilakukan oleh Kementerian lainnya dan masyarakat pada umumnya. Disamping itu, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar umat manusia dalam upaya meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara. (IM)

Sumber : Berita & Foto dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: