Ibu Negara Timor Leste Cidalia Lopes Nobre Mouzinho Kunjungi RSAB Harapan Kita

PPNI Beri Penghargaan Kepada Gubernur & Kadinkes Maluku, Sekaligus Edukasikan Praktik Mandiri Keperawatan
29 Juni 2018
Perawat Dilibatkan Dalam Mensukseskan Asian Games XVIII 2018
1 Juli 2018
Show all

Ibu Negara Timor Leste Cidalia Lopes Nobre Mouzinho Kunjungi RSAB Harapan Kita

Wartaperawat.com – Melalui kerjasama pada bidang kesehatan antara negara Indonesia dan Timor Leste yang telah disepakati pada tahun 2017 lalu di Jenewa, diperlukan adanya informasi saling menguntungkan bagi kedua negara.

Disaat kunjungan kenegaraan, Ibu negara Timor Leste Cidalia Lopes Nobre Mouzinho menyempatkan kunjungi Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita di Jakarta, Kamis (28/6/2017).

Pada saat kunjungannya, Ibu Negara Timor Leste didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, dan Direktur Utama RSAB Harapan Kita Dr.dr. Didi Danukusumo.

Dikempatan tersebut, Ibu Negara Timor Leste mendapatkan presentasi mengenai sejarah RSAB Harapan Kita dan program unggulan dari Direktur Utama RSAB Harapan Kita dr. Didi Danukusumo.

Sekaligus tamu kehormatan melihat langsung dan mendapat informasi mengenai ruang Verlos Kamer (VK) atau ruang bersalin, termasuk tentang kegiatan feto maternal atau perawatan ibu dan janin yang mengalami kelainan bawaan, serta dikenalkan teknologi fetoscopy.

Fetoscopy sendiri merupakan teknologi paling canggih di RSAB Harapan Kita untuk memisahkan dua bayi lahir yang menempel.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Negara mengunjungi beberapa fasilitas lainnya seperti ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), sekaligus mendapatkan informasi bagaimana capaian dan unggulan kinerja NICU, setelah itu mengunjungi lab genetika dan BIDIC, Radiologi, serta Poliklinik.

Dari informasi didapat bahwa persalinan di RSAB ini setiap bulannya dapat mencapai 150 hingga 200 pasien. Sementara untuk kasus paling banyak saat ini adalah kelainan jantung, kelainan otak, dan masalah saluran cerna.

Hasil dari kunjungan ini, akan adanya kerja sama antara rumah sakit RSAB Harapan Kita dan rumah sakit di Timor Leste.

Didi mengatakan rumah sakit disana masih banyak yang perlu dikembangkan, sehingga akan dibentuk kerja sama untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit. Kerja sama itu salah satunya dengan mengembangkan SDM kesehatan melalui pengiriman tenaga kesehatan dari RSAB Harapan Kita ke sana, atau tenaga kesehatan di sana yang diundang ke RSAB Harapan Kita.

“Gol dari ini (kunjungan Ibu Negera Timor Leste ke RSAB Harapan Kita) kami mungkin mengundang tenaga kesehatan di sana untuk kami latih di sini,” ucap dr. Didi.

Selain itu, kunjungan ini juga akan dimanfaatkan untuk membahas kinerja dan keunggulan pelayanan kesehatan di RSAB Harapan Kita.

Ada lima bidang kerja sama yang disepakati, yakni : Pertama, pelayanan kesehatan dan pemeriksaan laboratorium. Kedua, kerja sama di bidang farmasi dan alat kesehatan. Ketiga, peningkatan kapasitas tenaga kesehatan. Keempat, kerja sama di bidang penyakit menular, terutama di daerah perbatasan dan kesiapsiagaan pandemik. Kelima, kerja sama di bidang kesehatan ibu dan anak, imunisasi, dan gizi.

Tentunya kunjungan ini merupakan wujud untuk lebih memajukan kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Timor Leste. Kerja sama tersebut disahkan berdasarkan MoU di bidang kesehatan yang ditandatangani di Jenewa untuk periode 2017-2020. (IM)

 

Sumber  Berita & Foto : Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: