fbpx

HPUI DI Yogyakarta Gelar Pelatihan Asuhan Keperawatan Perioperatif Bedah Urologi

Prof Tutik Sri Hariyati Nakhodai HPII, DPP PPNI Dukung Perkembangan Digital Keperawatan & Kesehatan
8 Juli 2024
Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes Tegaskan Imunisasi Tidak Dapat Merusak Sel & DNA
9 Juli 2024
Show all

HPUI DI Yogyakarta Gelar Pelatihan Asuhan Keperawatan Perioperatif Bedah Urologi

Wartaperawat.com – Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kesehatan menjadi salah satu arah tujuan transformasi kesehatan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia saat ini. Perawat yang merupakan tenaga kesehatan garda terdepan di negeri ini memerlukan peningkatan kapasitas dan kompetensi untuk meningkatkan kualitas SDM.

Untuk itulah Himpunan Perawat Urologi Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (HPUI DIY) turut berperan dalam peningkatan kompetensi Perawat dengan mengadakan pelatihan asuhan keperawatan perioperatif bedah urologi.

Pelatihan asuhan keperawatan perioperatif bedah urologi merupakan pelatihan untuk Perawat yang mencakup asuhan keperawatan sebelum operasi, saat operasi dan setelah operasi dengan masalah-masalah urologi, seperti batu ginjal, retensi urine, kanker prostat, dan lain sebagainya.

Dimana peserta akan belajar tentang asuhan keperawatan perioperatif bedah urologi, asuhan keperawatan urostoma, perawatan instrumen bedah dasar dan bedah endourologi, keterampilan irigasi kandung kemih, keterampilan prosedur tindakan bedah endourologi dan materi-materi lainnya.

Sejumlah 25 Perawat yang berasal dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Solo, Kudus, Bandung, Surabaya, Tangerang, Jakarta, Makasar dan yang lainnya mengikuti pelatihan ini. Pembukaan pelatihan telah dilaksanakan di Hotel Crystal Lotus, Yogyakarta, Kamis (4/7/2024).

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Tri Prabowo, dan dalam sambutannya Ketua DPW PPNI DI Yogyakarta ini mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat (PP) HPUI yang telah membina Pengurus Wilayah (PW) HPUI DIY, sehingga dapat mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan Perawat khususnya Perawat Urologi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat HPUI yang telah memberikan bimbingan kepada PW HPUI DIY, sehingga dapat menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Perawat Urologi,” terang Tri Prabowo, sesuai dengan pesan tertulis dari PW HPUI.

Sementara itu, Eko Heru Susilo selaku Ketua PW HPUI DI Yogyakarta menyampaikan bahwa banyak peserta yang berminat ikut pelatihan, namun peserta dibatasi 25 orang. Pembatasan peserta hanya 25 orang ini menyesuaikan ketentuan yang ditetapkan oleh Pusbangdiklat PPNI.

“Kali ini sebetulnya banyak peserta yang ingin mengikuti pelatihan, terutama dari luar DIY, akan tetapi panitia membatasi maksimal 25 orang.” jelasnya.

Selain itu, Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat (PP) HPUI Slamet Miyoto juga memberikan pengarahan kepada para peserta agar dapat menambah ilmu pengetahuan.

“Melalui pelatihan ini harapannya agar kita bisa meningkatkan ilmu sehingga bisa bermitra dengan tenaga kesehatan lain, seperti dokter dan lain sebagainya,” imbuh Slamet Miyoto.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, dimana mereka berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Nur Indah Utami, Perawat Rumah Sakit Medistra Jakarta menyampaikan harapannya mengikuti pelatihan ini agar dapat menambah ilmu dan relasi.

“Harapannya setelah ikut pelatihan ilmunya bertambah dan juga tambah teman,” ungkapnya.

Sedangkan peserta yang lainnya, Faisal dari Rumah Sakit Hermina Makassar berharap dengan mengikuti pelatihan ini dapat berbagi pengalaman dalam penanganan pasien khususnya kasus-kasus bedah urologi.

Rangkaian kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 4 hari, yaitu 4 Juli hingga 7 Juli 2024 dengan diakhiri penilian oleh fasilitator terhadap keterampilan yang sudah diajarkan kepada para peserta. (IM)

 

Sumber : Heru Nurinto/Pengurus Wilayah HPUI DIY

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: