fbpx

Harif Fadhillah Hadiri Council of NNA Representatives Congress, Upaya & Rencana Strategis ICN

Idul Adha 1444 H : Kualitas Daging Kurban Dipantau DKPKP, Terjamin & Berkah Untuk Semua
1 Juli 2023
Abdul Rakhmat Lantik Retno Purwanti Jadi Ketua PP Himponi 2023-2028
3 Juli 2023
Show all

Harif Fadhillah Hadiri Council of NNA Representatives Congress, Upaya & Rencana Strategis ICN

Wartaperawat.com – Peran Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Perawat Indonesia selama ini berkontribusi dalam menjalankan kebijakan kesehatan di tanah air, sehingga berdampak baik secara global.

Untuk itulah Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah dan Ketua Departemen Kerja Sama Luar Negeri DPP PPNI Nuniek Noorfiani menghadiri pertemuan Council of National Nursing Association Representatives Congress 2023 di Montreal, Kanada, 29 Juni hingga 1 Juli 2023.

Pertemuan yang diinisiasi Dewan Perawat Internasional atau International Council of Nurses (ICN), menghadirkan seluruh pemimpin Organisasi Perawat dari masing-masing negara.

Sejak tahun 2003, PPNI telah menjadi anggota aktif ICN, yang merupakan federasi lebih dari 130 asosiasi Perawat nasional (NNAs), yang mewakili lebih dari 16 juta Perawat di seluruh dunia.

ICN didirikan pada tahun 1899, adalah organisasi internasional pertama dan terluas mencapai dunia bagi para profesional kesehatan khususnya di bidang keperawatan.

Melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (1/7/2023), Nuniek Noorfiani menyampaikan bahwa ICN melaporkan perkembangan pelaksanaan serta upaya yang telah dilakukan ICN untuk mencapai Rencana Strategis ICN tahun 2019-2023.

Laporan tersebut antara lain terkait issue global kesehatan dan tenaga profesional keperawatan, pemberdayaan keanggotaan, kepemimpinan strategis, dan pertumbuhan inovatif, termasuk ICN juga melaporkan pertanggungjawaban kegiatan selama tahun 2022.

Selain itu disampaikannya, bahwa dalam forum ini ICN juga menjabarkan ke seluruh anggotanya terkait strategi dan rencana operasional yang telah dilakukan selama setahun terakhir dan memastikan agar rencana tersebut berjalan sesuai dengan Rencana Strategis ICN secara keseluruhan.

Adapun salah satu Rencana Strategis ICN itu adalah mendorong pemimpin National Nurse Association/ NNA untuk mendorong profesi keperawatan agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan di masa depan, sebagai satu kesatuan gerak kepemimpinan strategis keperawatan di seluruh dunia khususnya terkait peran keperawatan dalam topik-topik penting untuk kesehatan global bersama dengan stakeholder terkait.

Selanjutnya, bagaimana mengadvokasi kebijakan pemerintah negara masing-masing untuk  mengedepankan kepentingan dan keterlibatan Perawat dalam kebijakan kesehatan yang dihasilkan negara tersebut.

Diterangkannya, beberapa agenda yang dibahas dalam pertemuan CNR 2023 antara lain adalah diskusi dan laporan analisis, struktur dan kebijakan keanggotaan ICN dari Task Force Membership ICN, adanya beberapa resolusi yang diputuskan melalui pemungutan suara dari seluruh NNA sebagai anggota ICN terkait perubahan konstitusi/AD-ART ICN, diskusi terkait Rencana Strategis ICN untuk setahun ke depan, serta pembahasan issue-issue terkait pembiayaan keanggotaan.

Mengakhiri penjelasannya, kegiatan CNR Congress 2023 dilaporkan ditutup dengan pemberian penghargaan dari ICN atas prestasi NNA dan pemimpin NNA yang berprestasi.

Direncanakan untuk pertemuan ICN selanjutnya akan dilaksanakan di Helsinki, Finlandia pada tanggal 9 -13 Juni 2025. (IM)

 

Sumber : Ketua Departemen Kerja Sama Luar Negeri DPP PPNI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: