fbpx

DPP PPNI Edukasikan Tata Cara & Kiat Dalam Menghadapi Uji Kompetensi

Dirjen Kesmas Kemenkes : Sangat Membutuhkan Dukungan Agar Ibu Memberikan ASI Eksklusif
9 Agustus 2023
DPW PPNI Kalsel, RSUD Ulin FGD dengan DPP PPNI : Hadapi Transformasi Digital Demi Peningkatan Kualitas Askep
11 Agustus 2023
Show all

DPP PPNI Edukasikan Tata Cara & Kiat Dalam Menghadapi Uji Kompetensi

Wartaperawat.com – Kepedulian Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) terhadap pelaksanaan uji kompetensi.

Sehubungan hal itu, Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah bersama Tim BAPENA menghadirkan Nursing Zoominar episode 351 dengan tema Menghadapi Uji Kompetensi, Siapa Takut?.

Dengan menghadirkan narasumber Rohman Azzam selaku Ketua DPP PPNI Bidang Sisinfokom dan Masfuri selaku Koordinator Pra Bencana BAPENA Pusat, serta moderator Tuti Nuraini selaku Anggota BAPENA DPP PPNI.

Dalam pemaparannya saat Nursing Zoominar berlangsung, Rabu (9/8/2023), Rohman Azzam menyampaikan bahwa uji kompetensi adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi.

Dijelaskannya, tujuan dari uji kompetensi yaitu untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan standar profesi, kemudian tujuannya lagi untuk menjamin bahwa lulusan, yaitu agar mampu melaksanakan peran profesinya secara aman dan efektif di masyarakat, lalu kompeten dan terstandar secara nasional.

Rohman Azzam menjelaskan berkaitan dengan hambatan yang sering dialami saat uji kompetensi, diantaranya : Belum mampu mengidentifikasi kata kunci dalam kasus dengan cepat., Kurang tajam dalam menginterpretasikan dan menganalisa data klinis., Analisa maksud dari pertanyaan kurang akurat., Bias antara kesan atau pengalaman pribadi dan maksud dari soal yang sesungguhnya., dan Bingung menentukan pilihan jawaban yang homogen (tampak benar semua).

Selain itu disampaikan Doktor Keperawatan ini berkaitan dengan kiat sukses mengikuti uji kompentensi adalah Kenali Blue soal uji kompetensi., Kenali kasus terbesar di Indonesia., Kenali soal uji kompetensi., Berlatih membaca cepat., Kelola stress, dan Belajar dari pengalaman pihak lain.

Adapun strategi sukses ujian diterangkannya, pada sehari sebelum ujian yaitu istirahat, tidur yang cukup, hindari stres. Selanjutnya survey lokasi ujian meliputi transportasi, parkir, dll., Persiapkan dan percaya diri.

Pada saat hari ujian, yaitu sipkan tanda pengenal dan kartu ujian, berpakaian yang nyaman dan sesuai ketentuan, serta tiba di Lokasi lebih awal, kemudina patuhi ketentuan.

Selama ujian diharapkannya, agar terus fokus dan tenang sepanjang ujian, Jangan berkecil hati, dan berencana untuk berada di situasi ujian 4 jam penuh.

Rohman Azzam mengatakan juga, setelah mengikuti ujian yang dilakukan peserta uji kompetensi adalah tunggu pengumuman resmi, jika tidak berhasil agar jangan berkecil hati, dan pelajari peraturan kerja di instansi anda. Kemudian jika memungkinkan gunakan izin kerja sementara. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: