DPLN PPNI Uni Emirat Arab Resmi Dilantik Ketum PPNI

MKKpI Gelar Pra Raker, Upayakan Konsep Pendidikan Keperawatan Berkualitas
11 Mei 2018
Aksi ‘Pengmas’ PPNI DKI Jakarta, Saat Peringatan IND 2018
12 Mei 2018
Show all

DPLN PPNI Uni Emirat Arab Resmi Dilantik Ketum PPNI

Wartaperawat.com – Dewan Pengurus Luar Negeri PPNI UEA telah terbentuk, setelah Harif Fadhillah Ketua Umum DPP PPNI yang didampingi Sekretaris Jenderal Mustikasari melantik Pengurus PPNI luar negeri yang ke 3 setelah Kuwait dan Qatar. Acara pelantikan berlangsung di Gedung Konsulat Jendral RI di Dubai, Jumát (11/5/2018).

Dalam sambutannya Harif Fadhillah mengatakan bahwa DPLN PPNI UEA adalah perwakilan PPNI luar negeri yang ke-3 setelah Kuwait dan Qatar. Dalam waktu dekat ini akan menyusul dibentuknya DPLN Arab Saudi dan Jepang. Dikesempatan ini pula, sekaligus Ia memaparkan perkembangan PPNI di tanah air.

Harif juga mengharapkan DPLN PPNI UEA yang baru dilantik, nantinya dapat menjadi wadah bagi Perawat yang ada di UEA untuk saling mendukung dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai Perawat yang bekerja di UEA dan tentunya sebagai pengurus yang senantiasa melayani anggotanya. Selain itu, juga dapat bersinergi dan berbagi pengalaman dengan organisasi perawat lainnya di negara tersebut.

Pada acara pelantikan hadir pula Hussin Bugis, selaku Duta  Besar United Arab Emirates (UAE) yang sangat konsen dengan Perawat yang bekerja di UEA khususnya. Dikesempatan yang sama, Hussin menjelaskan pada saat ini terdapat 65 Perawat Indonesia yang bekerja di UEA. Jumlah tersebut menurutnya menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 125 orang.

Ia pun mendukung penuh terbentuknya PPNI DPLN UEA dan mengapresiasi upaya teman-teman Perawat yang ada di UEA dan Ketua Umum DPP PPNI, dikarenakan hal ini akan menjadi wadah bagi anggota untuk  saling mengembangkan diri, meningkatkan konsolidasi karena meski pembentukan suatu organisasi di UEA tidak bisa sembarangan dan harus ada proses karena ada peraturan perundangan yang berlaku di UEA, namun PPNI berhasil terbentuk disini.

“Saat ini untuk bekerja di UEA sudah tidak bisa lagi secara perorangan seperti dimasa lalu, oleh karena itu kami sedang memproses MoU dengan UEA untuk tenaga kerja sektor kesehatan dari Indonesia, dan tinggal menunggu signing antara Pemerintah Abudabi dan Pemerintah RI. Saya mengharapkan nantinya lebih banyak lagi Perawat Indonesia yang bekerja ke UEA. Kami janjikan pula akan memfasilitasi dan siap membantu penempatan perawat di UAE,” ungkapnya.

Selain acara pelantikan, dilaksanakan pula seminar keperawatan yang  menghadirkan pemateri Muhammad Arsyad Subu, SKp., MSN, Ph.D. Asisten Profesor di Gulf Medical University, UAE. Seorang Perawat berkebangsaan Indonesia, yang mendedikasikan diri dalam pengembangan pendidikan keperawatan di UEA.

Ketua DPLN UEA Imam Handoko yang baru dilantik saat dihubungi melalui telepon oleh Rohman Azzam Ketua DPP PPNI Bidang Sistem Informasi dan Komunikasi menyatakan acara pelantikan dan seminar berjalan sukses.

“Alhamdulillah hari ini kami telah sukses melaksanakan pelantikan DPLN dan seminar dengan tema ‘Peluang Kerja di Luar Negeri dan Tantanganya bagi Perawat Indonesia,” demikian penjelasannya.

Selain Dubes RI untuk UEA, hadir juga atase Ketenagakerjaan, Dicky dan Konjen Dubai. Menurut Imam, tantangan utama adalah kemampuan Bahasa Inggris rata-rata Perawat Indonesia masih rendah.

Imam menyarankan dan menginginkan agar pelajaran Bahasa Inggris Keperawatan ditambah porsinya dikampus-kampus dan ada program khusus keperawatan yang memang dipersiapkan orientasinya untuk pasar luar negeri. Disamping itu, Ia mengusulkan program G to G Indonesia UAE, serta perlu adanya testing centre yang diakui oleh negara tujuan.

Terkait PKB atau CNE, Ia sampaikan pula, bahwa kesempatan untuk mengikuti seminar banyak sekali dan sebagiannya dapat diikuti secara gratis. Demikian pula untuk melanjutkan jenjang S2 atau yang lebih tinggi ada banyak kesempatan, menurutnya saat mengakhiri penjelasannya. (IM)

 

Sumber : DPLN PPNI UEA

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: