fbpx

Dirjen Nakes Kemenkes Apresiasi Nakes Spesialis WNI LLN Mengabdi di Tanah Air

Poltekkes Bandung & Poltekkes Jakarta 3 Program Keperawatan Terapkan Kelas Internasional
1 Agustus 2023
Nursing Zoominar Ke 350 : PPNI Bersama BSSN Mengedukasi Urgensi Literasi Keamanan Siber
3 Agustus 2023
Show all

Dirjen Nakes Kemenkes Apresiasi Nakes Spesialis WNI LLN Mengabdi di Tanah Air

Wartaperawat.com – Demi mengoptimalkan tenaga medis yang berasal dari dalam negeri setelah mengikuti pendidikan kedokteran di luar negeri untuk kembali mengabdi di tanah air telah direalisasikan.

Melalui adanya16 Dokter warga negara Indonesia program adaptasi Dokter spesialis lulusan luar negeri mengabdi di berbagai wilayah di Indonesia sampai pertengahan tahun 2023.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Ariyanti Anaya mengatakan, seluruh Dokter yang telah dilakukan evaluasi kompetensi oleh komite bersama dan dinyatakan kompeten telah diberikan pembekalan dan ditempatkan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai perencanaan kebutuhan nasional.

Dengan keberhasilan ini, pihaknya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi atas pencapaian baik ini. Menurutnya ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan program ini, salah satunya partisipasi yang tinggi dari dokter spesialis yang bekerja di luar negeri untuk kembali ke tanah air, mengabdikan diri dan ilmunya kepada bangsa dan negara.

“100 persen tercapai pada triwulan pertama dan kedua itu sungguh luar biasa. Kami tentu sangat senang dan bangga serta berharap agar kedepannya bisa terus ditingkatkan,” terang Dirjen Ariyanti, Senin (31/7/2023) di Jakarta.

Dirjen Arianti melanjutkan, dokter peserta apresiasi berjumlah 16 orang terdiri dari 3 dokter Orthopedi Traumatologi, 3 dokter penyakit dalam, 4 dokter Obstetri Ginekologi, 1 dokter mata, 4 dokter Dermatologi dan Venereologi, dan 1 dokter anak. Seluruhnya telah ditempatkan di 16 RSUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Semuanya sudah dapat penempatan, sehingga para dokter bisa memberikan pelayanan spesialis yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah,” harapnya.

Adapun fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi penempatan dokter spesialis yaitu RSUP Prof Dr. R.D Kandou, Provinsi Sulawesi Utara; RSUD Cut Meutia Aceh Utara dan RSUD dr. Fauziyah Bireun Aceh, Prov Aceh; RSUD Palmatak Anambas, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Prov Lampung; RSUD Kubu Anyar, Prov Kalbar; RSUD Otanaha Gorontalo; RSUD Dolopo Madiun; RSUD dr H. kimpulan Pane, Sumut; RSUD Muyang Kute Redelong, Aceh; RSUD Noongan Minahasa; RSUD Bendan Pekalongan; RSUD Batara Guru Lawu; RSUD Sawerigading Palopo; RSUD Jaraga Sasameh Barito Selatan; dan RSUD Banten Serang.

Program Adaptasi Dokter Spesialis Warga Negara Indonesia Lulusan Luar Negeri merupakan salah satu program transformasi tenaga kesehatan yang berisi kegiatan penyesuaian kompetensi dan kemampuan Dokter Spesialis Warga Negara Indonesia Lulusan Luar Negeri (WNI LLN) yang dilaksanakan pada fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari transformasi SDM Kesehatan yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan dokter spesialis di Indonesia khususnya di daerah-daerah yang masih kesulitan mengakses pelayanan kesehatan.

Program adaptasi terdiri atas tiga fase yakni pra adaptasi, adaptasi dan pasca adaptasi.

Fase pra adaptasi merupakan tahap pendaftaran dan pengajuan adaptasi. Tahap ini mencakup verifikasi dokumen, penilaian kompetensi pra adaptasi dan pembekalan. Dilanjutkan dengan penerbitan sertifikat yang mencakup sertifikat kompetensi adaptasi serta STR adaptasi.

Fase adaptasi adalah tahap penempatan dokter spesialis. Pada tahap ini para dokter ditugaskan ke RS Pemerintah Pusat, Pemda & RS lain yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dengan durasi penugasan selama 2 tahun.

Fase pasca adaptasi, bila penugasan telah berakhir maka dokter spesialis akan mendapatkan sertifikat kompetensi serta STR Dokter spesialis. (IM)

 

Sumber : Berita & foto dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: