fbpx

Akper PELNI Jakarta Beri Bantuan Kemanusiaan & Dukungan Psikososial Korban Gempa Cianjur

Harif Fadhillah : RUU Kesehatan Omnibus Law Ancam Lemahkan Kapasitas Profesi Nakes
30 November 2022
Pemerintah Buka Lowongan Penerimaan P3K Tahun 2022 Khusus Untuk Nakes
1 Desember 2022
Show all

Akper PELNI Jakarta Beri Bantuan Kemanusiaan & Dukungan Psikososial Korban Gempa Cianjur

Wartaperawat.com – Kepedulian dari berbagai pihak terhadap masyarakat yang menjadi korban gempa di Cianjur – Jawa Barat terus terealisasi.

Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) terlibat dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada korban gempa Cianjur termasuk institusi pendidikan keperawatan.

Sebelumnya telah dilaporkan BMKG pada Senin (21/11/2022), bahwa terjadi gempa dengan kekuatan 5,6 SR yang berpusat di Kota Cianjur, bahkan getaran gempa terasa di berbagi wilayah sekitarnya hingga sampai ke DKI Jakarta.

Kemudian gempa-gempa susulan dengan kekuatan 3.3-4.5 SR juga masih terus terjadi dan menyebabkan kerusakan di daerah Cianjur sekitarnya. Dengan memakan korban 310 jiwa dan lebih dari 400 orang luka-luka dan ribuan rumah hancur.

Selain rumah warga hancur, juga sekolah, tempat ibadah, perkantoran dan berbagai bangunan ikut hancur sehingga menyebabkan proses kehidupan masyarakat berubah hingga harus tinggal di tenda pengungsian.

Dampak gempa ini menyebabkan pula kecemasan, stres, depresi sampai traumatik pada seluruh korban yang berada di sana, khususnya anak-anak sebagai populasi rentan.

Aktivitas sehari-hari anak yang biasanya melakukan interaksi di sekolah, belajar dan bermain, seketika harus terhenti dan melihat kondisi rumah dan sekolah mereka yang hancur.

Sehubungan dengan situasi dan kondisi tersebut, maka civitas Akademi Keperawatan PELNI Jakarta berinisiasi melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) kepada anak usia sekolah untuk memberikan dukungan sosial terhadap anak anak dan pelayanan pemeriksaan fisik bagi korban gempa Cianjur.

Kegiatan pengmas berupa pemberian bantuan kebutuhan sehari-hari dan dukungan psikososial bagi anak korban gempa Cianjur berlangsung pada Sabtu-Minggu (26-27 November 2022) di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Tim pengmas Akademi Keperawatan PELNI telah berkoordinasi dengan Lembaga Layanan Perguruan Tinggi III yang telah menyediakan Posko bantuan kemanusiaan di Cianjur.

Untuk pengmas kali ini diketuai Ns. T. Widya Naralia, M.Kep.,Sp.Kep.K, selaku Dosen Akademi Keperawatan PELNI Jakarta bersama Ns. Putri Permatasari, M.Kep., Sp.Kep.M dan 2 orang Mahasiswa Akper PELNI Jakarta yaitu Tegar Aco dan Farhan Alauddin.

Melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/12/2022), Ns. T Widya Naralia, M.Kep.,Sp.Kep.K menjelaskan bahwa kegiatan pengmas dimulai pada pagi hari dengan cara menyalurkan bantuan di Posko kemanusiaan Lembaga Layanan Perguruan Tinggi III (LLDikti-III).

Disampaikannya, bantuan yang berikan berupa kebutuhan sehari-hari, pakaian dalam wanita dan pria, selimut, penghangat, serta makanan untuk korban gempa Cianjur.

Selain melakukan koordinasi dengan LLDikti III, dijelaskannya tim pengmas juga bersinergi dan bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan yaitu Yayasan Rufaidah Humanity Care (RHC) dalam melakukan kegiatan dukungan psikososial kepada anak-anak.

Dijelaskannya, tim pengmas melakukan kegiatan dukungan psikososial berupa terapi bermain, bernyanyi dan menggambar kepada anak-anak usia 4-16 tahun di Posko Rufaidah Humanity Care (RHC).

Kegiatan pengmas ini dibuka langsung oleh Ns. T. Widya Naralia, M.Kep., Sp.Kep.K dan Ns. Putri Permatasari, M.Kep., Sp.Kep.M dilanjutkan dengan mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama sebelum melakukan kegiatan mewarnai dan menggambar. Setelah bernyanyi bersama, dilanjutkan kegiatan mewarnai, menggambar dan bermain games.

Diterangkannya, anak-anak dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu pertama : usia 4-10 tahun mewarnai kertas yang sudah ada sketsanya, sementara kelompok kedua : usia 10-16 tahun menggambar bebas sesuai keinginannya di kertas kosong. Tim pengmas memfasilitasi kertas gambar, crayon dan sebagainya untuk seluruh anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Ada 55 orang anak yang ikut terlibat dalam kegiatan ini, bagi anak-anak dengan hasil mewarnai dan gambar yang paling bagus mendapatkan hadiah dari tim pengmas.

Lanjutnya, anak-anak diajak menyebutkan yel yel dan bernyanyi, kemudian games yang diberikan berupa pertanyaan sederhana dalam bentuk cerita, games ini bertujuan melatih fokus anak mendengarkan.

Anak-anak diberikan pertanyaan yang mudah seputar tebak tebakan pengetahuan umum dan pertanyaan soal matematika dalam bentuk ceita. Anak-anak yang mampu menjawab paling cepat dan tepat langsung mendapatkan hadiah yang telah disediakan.

Setelah seluruh kegiatan selesai, dikatakannya bahwa anak-anak diberikan bingkisan berupa susu kotak dan biskuit bergizi untuk meningkatkan semangatnya kembali.

Rangkaian kegiatan pengmas kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh anak anak di posko pengungsian, dimana anak-anak menyatakan sangat senang dan berkeinginan agar kegiatan serupa dilakukan kembali.

Melalui kegiatan ini, diharapkannya agar dapat dilakukan di berbagai posko pengungsian gempa Cianjur untuk mengurangi rasa stres dan kebosanan anak-anak akibat kejadian gempa tersebut. (IM)

 

Sumber : Ketua Pengmas Akper PELNI

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: